TERIMA JASA PEMBUATAN WEBLOG

Kami tawarkan Jasa Pembuatan Weblog untuk Sarana Promosi Usaha Micro Xtrabeda di Tronik Reload Pulsa Murah

Proses Pemesanan Pembuatan Weblog:

  1. Lakukan Isi Pulsa sebesar Rp 25.000 ke 081 5594 3313,
  2. Segera Konfirmasi setelah melakukan Pengisian Pulsa ke noHP tersebut,
  3. Kami akan segera memproses Pembuatan Weblog Anda setelah Pulsa masuk,
  4. Proses Pembuatan Maksimal 1 X 24 Jam,
  5. Kami akan segera menghubungi Anda setelah Weblog Anda selesai


Rabu, 19 Maret 2014

0 Cara Instal WordPress di Localhost

Menginstall  CMS WordPress – WP di localhost Komputer atau Laptop sangat penting dilakukan, baik untuk Newbie atau yang baru mengenal  WordPress ataupun mereka Blogger yang suka memodifikasi desain WordPress. Keuntungan install WordPress di localhost untuk Newbie adalah agar membiasakan diri di lingkungan Dashboard Admin WordPress, sehingga saat memanfaatkan WordPress secara Online nantinya diharapkan tidak terlalu kesulitan lagi. Selain efektifitas waktu belajar dan penghematan biaya Internet tentunya.
Untuk mereka yang sudah memiliki Blog Gratisan di wordpress.com dan terutama yang menyewa Hosting -Selfhosting, keuntungan WP Offlineadalah keleluasaan Memodifikasi baik desain maupun skrip-kode yang ada, tanpa takut salah (error) seperti saat terkoneksi Internet. Jadi intinya, dengan adanya CMS WordPress di Localhost, kita dengan mudah dan cepat serta bebas mengotak-atik ataupun bereksperimen mengatur dan menentukan bagaimana model desain, tema Blog atau Website yang nantinya kita harapkan.
Localhost dalam artikel ini bisa diartikan memanfaatkan komputer sebagai Server yang berdiri sendiri.
WordPress dan XAMPP di Localhost
Untuk segera menikmati WordPress terinstall di komputer, kita hanya membutuhkan 2 buah Software ; yaitu aplikasi server seperti XAMPP,WAMPLAMP ataupun MAMP dan tentunya Paket WordPress.  Dalam artikel ini kita gunakan XAMPP, karena berdasarkan survei dan pengalaman saya sendiri, XAMPP lebih banyak digunakan, control panel yang simple serta interface yang familiar bagi semua tingkatan Blogger.
Syarat Minimum Hardware untuk Install XAMPP  : CPU Pentium III/AMD Duron, 64 MB RAM , 350 MB ruang kosong Harddisk . Software/OS : Windows NT, 2000, 2003, XP (Rekomendasi), VISTA, Windows 7, Linux, Solaris, Mac OS X.
Download XAMPP dan Paket CMS WordPress
XAMPP dan Wodpress adalah software atau program yang Open Sourcesehingga tentunya gratis untuk di download. Jika anda belum memiliki, silahkan download XAMPP Old Version 1.7.0 (versi lama-Basic Package, support XP) ataupun XAMPP New Version 1.8.1 (versi terbaru saat ini, support Windows 7) di link-link berikut ini :

Step By Step Cara Install WordPress di Localhost
Selanjutnya, untuk menghindari resiko kegagalan saat instalasi WordPress di localhost komputer, ikuti step by step atau langkah demi langkah cara menginstall-nya, seperti berikut :
Matikan atau putus koneksi Internet untuk menghindari kemungkinan Update Otomatis beberapa Software yang nantinya di-aktifkan selama mencoba Tutorial ini!
- Ekstrak xampp-win32-1.7.0-installer.rar hasil download > eksekusi/klik 2x xampp-win32-1.7.0-installer.exe > Next > Next > XAMPP Options , centang/cawang pilihan Create a XAMPP desktop icon dan Create an Apache Friends XAMPP folder in start menu > Install > biarkan sampai proses Install selesai > Finish > jika keluar Congratulation! The Installation was successful!…> pilih No.
XAMPP Options
Installing XAMPP
Installation was Successful
- Restart komputer agar sistem operasi lebih stabil/siap dengan adanya program yang baru terinstall. Setelah masuk Desktop, buka Software XAMPP melalui icon di desktop > XAMPP Control Panel > aktifkan dengan klik tombol Start masing-masing Apache – MySql – Filezilla  sampai setidaknya ketiga-nya Running dengan Text Highlight Color berwarnaHijau.
Start XAMPP
- Jika tidak ada masalah saat mengaktifkan komponen XAMPP,  sekarang anda sudah bisa menjalankan Server di Localhost, untuk itu buka BrowserMozilla Firefox atau Chrome (saya rekomendasikan Chrome, karena lebih mudah saat modifikasi dan mengintip/open source code HTML > Desain). Ketik di Address Bar localhost atau localhost/xampp dan Enter > akan tampil halaman yang menyatakan bahwa anda berhasil menginstall XAMPP dengan sukses.
Welcome XAMPP
Pilih Tool phpMyAdmin- Dari tampilan tersebut, pilih Menu Tools >phpMy Admin di sidebar XAMPP. Dari sini, kita bisa langsung memulai membuat Database baru dengan cara : ketik, misal wp_offline lalu klik tombol Create. Anda bisa cek keberhasilan pembuatan database tersebut dengan melihat Menu Databases atau di list/daftar database.
Create Database
List Databases
- Sementara tutup/close browser lalu non-aktifkan/Stop komponen Apache –MySql – Filezilla serta Exit XAMPP. Kemudian buka Windows Explorer. Kita lihat direktori default dimana XAMPP terinstall, yaitu drive C:\xampp\htdocs\, kemudian cari dan Ekstrak file wordpress-3.5.1-id_ID.zip hasil download di direktori htdocs tersebut (dengan nama default “wordpress“).
Ekstrak Wordpess
- Kemudian Rename folder/direktori wordpress hasil Ekstrak dengan nama yang sama, sesuai yang telah kita Create pada database MySql-phpMyAdmin sebelumnya yaitu wp_offline. Dari sini anda langsung saja sorot/klik folder/direktori wp_offline tersebut dan cari serta Rename juga file wp-config-sample.php dengan nama wp-config.php saja!
 Rename Direktori File
- Edit file wp-config.php agar direktori wp_offline (yg berisi file-file sistem wordpress) bisa terkoneksi dengan database MySqL di phpMyAdmin. Untuk itu kita bisa memanfatkan Notepad bawaan Windows ataupun SoftwareNotepad++. Ubah konfigurasi dari tiap value pada ;
DB_NAME: ganti database_name_here dengan wp_offline ;  DB_USERganti username_here dengan root ; untuk DB_PASSWORD kita Kosongisaja.
Edit wp-config.php
Jangan lupa simpan perubahan yang telah dilakukan.
- Setelah mengkonfigurasi file wp-config.php, buka program XAMPP lagi dan aktifkan komponen Apache – MySql – Filezilla.  Buka Browser Mozilla Firefox atau Chrome anda dan ketik di Address Bar localhost/wp_offline.  Jika Konfigurasi di wp-config tadi tidak ada kesalahan akan muncul halaman Selamat Datang di Installasi WordPress. Isi semua form mulai dariJudul SitusNama Pengguna (default : admin), Kata Sandi (ingat atau catat di Notepad jika perlu), E-mail Anda (usahakan email aktif, agar jika nantinya database di Ekspor untuk WordPress Online tidak perlu diganti lagi), Privacy: Centang Allow search engines to index this site. Submit dengan klik Instal WordPress.
Selamat Datang WordPress
- Selesai melengkapi form, akan muncul halaman yang menyatakan Anda telah Berhasil menginstall  CMS WordPress di localhost Komputer atau Laptop anda. Isikan Kata Sandi yang telah di input sebelumnya atau bisa memasukkan Kata sandi baru Anda, kemudian klik tombol Masuk Log.
Sukses Install WordPress
- Untuk masuk di Dasboard WordPress silahkan memasukkan kembaliNama Pengguna (user name : admin) atau Kata Sandi (password) Anda.
Login Dashboard WordPress
- Sekarang Anda sudah masuk Dashboard WP atau WordPress, Selamat Datang di WordPress. Akan terlihat semua Menu ataupun opsi-opsi yang siap di Setting maupun di Konfigurasi sesuai kehendak Anda.
Selamat Datang di Dashboard WordPress
- Untuk sementara biarkan settingan WordPress apa adanya dan cobalah sekarang untuk melihat Halaman Home PageFront Page Blog Situs default yang ditampilkan. Arahkan mouse di atas tulisan Dasboard yaituJudul Situs, Klik Kanan Kunjungi Situs, Open in a New Window atau Open in a New Tab. Biasakan cara ini, ini berguna agar saat anda diarahkan ke halaman baru, tidak akan kehilangan Halaman yang sebelumnya!
 Kunjungi Situs
- Seperti berikut inilah default Halaman Depan atau Front Page dari Blog atau Situs WordPress Offline Anda.
Tampilan Homepage WordPress Offline
Add-On
- Sekarang anda punya WordPress Offline yang Aktif.  Untuk menutup/keluar dari Dasboard  Admin WP ini, jika masih berada diHomepage, bisa menuju Sidebar kanan > Meta > Keluar Log. Jika berada di lingkungan Dashboard, arahkan mouse ke kanan atas di tulisan Howdy, admin > klik Keluar Log
- Atau jika anda ingin masuk di lingkungan Dashboard Admin (jangan lupa mengaktifkan XAMPP-nya ya!?)…ketik di Address Bar Browserlocalhost/wp_offline/wp-login.php, isikan user name dan password anda. Atau ketik localhost/wp_offline (homepage/front page) > Sidebar > MetaMasuk Log. Gantilah wp_offline dengan direktori/database name milik Anda.
Kesimpulan
Kalau anda Newbie, proses atau langkah-langkah Instalasi di atas akan terasa lama, karena mungkin kurang terbiasa. Tapi kalo anda sering berekperimen dan memanfaatkan WordPress di Localhost, saya kira proses akan lebih Cepat , Mudah dan Gampang serta hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.
Selesai. Semoga Berguna. Selanjutnya tunggu Seri Artikel WordPress untuk Pemula atau Newbie yang lain…

0 komentar:

Posting Komentar

 

Belajar Nge-Blog Dulu Bos Copyright © 2014 - |- Template created by JasaWeblog - |- Powered by www.lestari-reload.com